Kamis, 27 Agustus 2009

Manfaat air kelapa dan kegunaannya dalam Agroindustry

Kandungan kimiawi air kelapa
 Komposisi kandungan zat kimia yang terdapat pada air kelapa antara lain asam askorbat atau vitamin C, protein, lemak, hidrat arang, kalsium atau potassium. Mineral yang terkandung pada air kelapa ialah zat besi, fosfor dan gula yang terdiri dari glukosa, fruktosa dan sukrosa. Kadar air yang terdapat pada buah kelapa sejumlah 95,5 gram dari setiap 100 gram.
Secara khusus, air kelapa kaya akan potasium (kalium). Selain mineral, air kelapa juga mengandung gula (bervariasi antara 1,7 sampai 2,6 persen) dan protein (0,07- 0,55 persen). Karena komposisi gizi yang demikian ini, maka air kelapa berpotensi dijadikan bahan baku produk pangan.
Media ini adalah campuran dari bahan-bahan kimia. Mengandung unsur hara mikro dan makro. Juga karbohidrat, protein, asam amino, basa nitrogen, zat pengatur tumbuh, senyawa organik komplek, bahan pemadat, air dan zat arang aktif. Saya tidak akan jelaskan satu persatu dari unsur diatas. Biar itu menjadi urusan laboratorium saja. Yang saya jelaskan disini adalah adanya bahan penambah pada media kultur tersebut. Dimana bahan-bahan itu biasa kita manfaatkan sehari-hari. Tujuan penambahan bahan ini untuk mendapatkan pertumbuhan kultur yang optimal. Ada 4 bahan yang akan saya sampaikan. Yang pertama “Air Kelapa”.
Kita tahu bahwa air kepala banyak memberi manfaat bagi kita. Sebagai pelepas dahaga (es kelapa muda), penawar racun dalam tubuh (air kelapa hijau), dan kalangan industripun sudah memanfaatkan juga. Untuk minuman pengganti ion tubuh dan minuman natadecoco. Ada apa dalam air kelapa ?. Simak terus…
Kandungan Air Kelapa
Volume dan komposisi kimia air kelapa tua dan muda berbeda. Menurut Banson dan Velasco (1982) volume air kelapa selalu berubah selama pemasakan buah. Volume air kelapa pada buah tergantung pada ukuran buah, jenis dan tingkat kesegaran buah, serta umur buah. Volume air kelapa yang maksimal dalam arti memenuhi seluruh rongga buahnya adalah kelapa yang berumur 7 bulan.
Komposisi
Konsentrasi
Folate Acid
Nicotinate Acid
Panthotenate Acid
Biotin
Pyridoxine
Hyboflavine
Tyamin
Giberelat Acid
Auxins
1.3-difenilurea
M-inositol
Silo-inositol
Sorbitol
C1
Cu
Fe
K
Mg
Na
P
S
0,003                mg/l
0,64                  mg/l
0,52                  mg/l
0,02                  mg/l
Very little
0,01                  mg/l
Very little
Very little
Very little
5,8000              mg/l
0,01                  mg/l
0,05                  mg/l
15                     mg/l
183                   mg/100 gram
0,040                mg/100 gram
0,1                    mg/100 gram
312                   mg/100 gram
30                     mg/100 gram
105                   mg/100 gram
37                     mg/100 gram
15                     mg/100 gram
                        Sumber : Tulecke et al (1960)
Air kelapa sebagai cadangan makanan yang mengandung vitamin dan zat tumbuh, sehingga dapat menstimulir perkecambahan. Air kelapa mengandung zat atau bahan seperti; vitamin, asam amino, asam nukleat fosfor, dan zat tumbuh auksin dan asam giberelat. Yang berfungsi sebagai penstimulir dalam proliferasi jaringan, memperlancar metabolisme dan respirasi. Oleh karena itu air kelapa mempunyai kemampuan besar untuk mendorong pembelahan sel dan proses deferensiasi. Konsentrasi optimum air kelapa yang diberikan 15% (Tulecke et al, 1960).
Staden dan Drews (1974), melaporkan bahwa dalam air kelapa mengandung zeatin yang diketahui termasuk dalam kelompok sitokinin. Sitokinin mempunyai kemampuan mendorong terjadinya pembelahan sel dan diferensiasi jaringan tertentu dalam pembentukan tunas pucuk dan pertumbuhan akar. Namun demikian, peranan sitokinin dalam pembelahan sel tergantung pada adanya fitohormon lain terutama auksin. (Hess, 1975).
Peranan Air Kelapa
Dilihat dari komposisi yang terkandung didalamnya, terutama adanya zat tumbuh, maka penambahan air kelapa dalam media kultur dapat membantu mendorong pertumbuhan. Baik pertumbuhan platlet, daun dan akar. Air kelapa dari jenis kelapa Genjah Hijau dan Genjah Kuning mempunyai pengaruh positip terhadap pertumbuhan plantlet anggrek dendrobium. Hasil penelitian lainnya menyatakan bahawa air kelapa sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan anggrek dalam peningkatan pertumbuhan protocorm like bodies (plds).(Widiastoety & Anggraeni Santi, 1994).
Memang rasanya segar… setelah minum air kelapa. Nyatanya air kelapa mengandung vitamin dan ion-ion yang dibutuhkan tubuh. Pada tanaman zat tumbuh; auksin dan geberalin yang diperlukan. Dengan tujuan untuk membantu pertumbuhan bibit anggrek. Rasanya perlu juga kita coba untuk menyiram tanaman anggrek remaja atau yang sudah berbunga. Saya yakin akan memberikan hasil yang positip. Jangan buang air kelapa, bisa dimanfaatkan untuk tanaman kita.
Pustaka
  • Balai Penelitian Kelapa dan Palma Lain (Balitka) Manado. 2007. Membangun Agribisnis Kelapa Muda. KADIN-104-1606-13032007.
  • Bogor Agricultural Institute. 2008. IPB Kaji Asap Cair Tempurung Kelapa sebagai Disinfektan dan Pengganti Formalin. http://www.ipb.ac.id.
  • Dayat. 2006. Kerjasama Dekopin dengan Pusat Pengolahan Kelapa Terpadu dalam Rangka Produksi Pengganti Pengawet Makanan. http://www.hmikomtpub.or.id
  • Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menegah-Departemen Perindustrian. 2007. Kelapa sumber Energi Alternatif. Situs Web Ditjen IKM.
  • Direktorat Jenderal Perkebunan-Departemen Pertanian. 2008. Gambar Kelapa dan Produknya. Situs Web Ditjebun-Deptan
  • Hardoko Insan Qudus. 2006. Kimia Lingkungan. Diktat Kuliah Kimia Lingkungan Jurusan Kimia FMIPA Universitas Lampung.
  • Iwan T Budiarso. 2004. Minyak Kelapa, Minyak Goreng yang Paling Aman dan Paling Sehat. http://www.wismamas.tk
  • Kompas Cyber Media. 2006. Asap Cair Tempurung Kelapa sebagai Pengganti Formalin. Situs Web Kompas Cyber Media.
  • Radar Pat Petulai. 2008. Optimalisasi Produk Buah Kelapa. Harian Radar Pat Petulai Bengkulu Edisi Rabu, 13 Agustus 2008.
  • Rita Sekianti. 2007. Analisis Teknik dan Finansial pada Produk Bahan Bakar Briket dari Cangkang Kelapa Sawit. Skripsi Mahasiswa Universitas Sriwijaya Risti. 2008. Sabut Kelapa. http://milimeterindonesia.com
  • Risti. 2008. Sabut Kelapa. http://milimeterindonesia.com
  • Situs Hijau. 2005. Menanti Minuman Berenergi dari Timur. Situs Web Situs Hijau.
  • Suara Pembaharuan Daily. 2007. Indonesia Masih Abaikan Potensi Kelapa. Situs Web Suara Pembaharuan Daily
  • Surya Adi dkk. 2008. Limbah Perkebunan Kelapa (Cocos Nucifera) sebagai Bahan Pengawet Makanan. Karya Tulis Ilmiah in Internet.
  • Energi Portal. 2007. Memperoleh Nilai Ekonomis Lebih dari Kelapa: Biodiesel, Glycerin, dan Produk Samping Lainnya. Situs Web Portal Media Informasi Energi

Tidak ada komentar: